Senin, 22 November 2010

POSITIF DAN NEGATIF POLA KONSUMTIF

Pengertian dari kata konsumtif adalah terlalu berlebihan atau dapat diartikan secara umunya boros. Perilaku konsumtif ini dapat menimbulkan sisi positif dan negatif. Berikut ini beberapa sisi positif dan negative tentang pola konsumtif.

Positif :

- Perilaku konsumtif yang berlebihan dapat menyebabkan pemasukan Negara dari sumber penerimaan bea masuk pajak barang dan lainnya sehingga dapat apbn Negara menjadi banyak dan dapat digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

- Masyarakat dapat mengenal tehnologi keluaran terbaru karena jika masyarakat itu terlalu mengikuti trend yang ada maka dia akan terus mengikuti perkembangan tehnologi yang ada.

- Dapat mengundang investor asing adar dia mau membuka cabangnya di Indonesia karena masyarakat ini terlalu konsumtif akan suatu keluaran produk terbaru. Maka perusahaan itu dapat mengirit biaya produksi jika dia membikin cabang perusahaan di Indonesia sehingga dapat menambah pemasukan buat Negara dan dapat membuat lapangan kerja baru.

Negative :

- Pola konsumtif yang berlebihan juga dapat mengakibatkan masyarakat terlalu cepat boros dan mengakibatkan masyarakat itu sendiri kehabisan uang secara cepat dan menjadi depresi.

- Orang-orang akan melihat suatu barang dengan melihat warna dan bentuknya saja, tapi tidak melihat dari segi kualitas dan kegunaannya,karena kita terus menerus ingin terlihat lebih baik dari orang lain dan melihan segi bagusnya benda,enak di pandang maka kita mudah terbujuk untuk membeli benda tersebut.

- Orang-orang akan gampang membeli barang-barang karena dia merasa menyukai barang tersebut dan secara tidak sadar dia sudah menghabiskan uangnya tersebut karena ingin terlihat lebih di mata orang lain.

Demikianlah dampak positif dan negative yang yang dapat saya kemukakan di tulisan saya ini. Menurut saya jika terlalu banyak konsumtif maka lebih banyak sisi negativenya daripada sisi positifnya. Maka untuk itu kita harus lebih cermat dalam membelanjakan uang kita agar kita dapat mengatur pengeluaran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar